Sabtu, 21 Maret 2009

jtravel gratis????

Pantai Parai (Foto: Infobangka.com)

PULAU Bangka terkenal dengan pantainya yang indah. Pasir yang putih halus dan tampak sedikit berkilauan menjadi modal utama.Contohnya Pantai Parai Tenggiri. Seperti apa keindahannya?

Bangka diberkahi dengan banyak pantai. Tidak tanggung-tanggung, pulau yang terletak di sebelah timur Sumatera dan termasuk dalam wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini memiliki 12 pantai yang bisa dikunjungi.

Seperti Pantai Matras, Pantai Parai Tenggiri, Pantai Tanjung Pesona, Pantai Teluk Limau, Pantai Batu Bedaun, Pantai Batavia Bangka, Pantai Teluk Uber, Pantai Tikus, Pantai Romodong, Pantai Mas Air Anyir, PantaiTemberan, dan Pantai Penyusuk.

Sebagian besar pantai yang telah disebutkan tadi masih alami. Hanya, dua pantai yang sudah dikelola sebagai tempat wisata, yaitu Pantai Parai Tenggiri dan Pantai Tanjung Pesona yang dikelola swasta.

Di kedua pantai tersebut, tersedia fasilitas hotel dan restoran. Bahkan, di Pantai Parai Tenggiri terdapat fasilitas yang memanjakan pengunjung, seperti spa, banana boat, dan perahu untuk mengitari perairan sekitar, serta olahraga luar ruang (outbond).

Kebetulan, beberapa waktu lalu salah satu provider telepon mengundang untuk datang ke Bangka. Undangan itu bertepatan dengan peresmian salah satu kantor di kawasan Bangka. Selama berada di sana, wartawan diajak untuk menikmati keindahan Pantai Parai Tenggiri.

Untuk mencapai pantai ini, dari Bandara, pengunjung dapat menggunakan beragam jenis kendaraan yang bisa disewa di Bandara Depati Amir. Jika ingin menggunakan angkutan umum, dari Pangkal Pinang pengunjung dapat menumpang angkutan kota jenis Colt, jurusan Pangkal Pinang-Sungai Liat dan membayar ongkos Rp6.000.

Dari Sungai Liat, perjalanan dapat diteruskan dengan menggunakan becak motor sampai ke kawasan Pantai Parai Tenggiri. Untuk menggunakan becak motor ini, pengunjung perlu membayar sekira Rp40.000 untuk rute pergi-pulang. Seperti pantai-pantai yang ada di Bangka, Pantai Parai Tenggiri memang didominasi oleh batu-batu karang yang berukuran besar.

Batu-batu karang ini bahkan mengingatkan akan pantai yang pernah ditampilkan di film laris Laskar Pelangi. Bebatuan karang yang ada di Pantai Parai Tenggiri memang membuat pemandangan di pantai ini menjadi lebih istimewa. Dari atas batu-batu karang ini, pengunjung dapat duduk santai untuk menikmati keindahan Laut Cina Selatan yang teduh dan berombak kecil.

Pantai ini cukup landai dan memiliki ombak yang lembut. Kondisi pantai yang seperti ini, sangat memungkinkan para wisatawan untuk berenang dan bermain air di sepanjang bibir pantai. Pasirnya yang putih dan air lautnya yang hijau, semakin menambah nilai kecantikan pantai ini.

Pada malam hari, pengunjung dapat dengan leluasa menikmati suasana malam di pinggir pantai yang diwarnai cahaya dari kapal-kapal yang tengah berlayar, sambil menikmati penganan seperti ubi goreng keju, pisang goreng keju, kolak labu merah,ataupun minuman hangat yang bisa dibeli di restoran terdekat.

Selain menikmati keindahan alam dan suasananya, pengunjung juga dapat melakukan rekreasi bahari yang menarik lainnya. Bagi wisatawan yang hobi memancing, di pantai ini tersedia penyewaan perahu pancing lengkap dengan semua peralatannya. Mau yang sedikit lebih menantang?

Pengunjung dapat saja melakukan permainan banana boating ataupun parasailing. Atau, pengunjung pun dapat melakukan diving untuk menikmati kekayaan terumbu karang di kawasan pantai yang berhadapan langsung dengan Laut Cina Selatan ini. Kalaupun masih ingin merasakan hiburan ala perkotaan, di kawasan ini juga menyediakan golf course yang cukup luas. Jadi, wajar saja jika pengunjung benar-benar terbuai selama berada di Pantai Parai Tenggiri. (sindo//mbs)

Tidak ada komentar: